ASKEP TYPOID PDF

ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN TERMOREGULASI: PENINGKATAN SUHU TUBUH PADA PASIEN DEMAM THYPOID. SIWI EKA. ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN TYPHOID DENGAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA AMAN NYAMAN: HIPERTERMI DI. ASKEP PATHWAY NIC NOC DEMAM TYPOID. askep lengkap dengan Sop Typoid. typhoid. Jurnal Anak Typoid ยท Laporan Pendahuluan Demam Typoid. tifus .

Author: Taumi Brarr
Country: Turkey
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 12 January 2010
Pages: 478
PDF File Size: 17.49 Mb
ePub File Size: 11.13 Mb
ISBN: 867-9-87476-605-8
Downloads: 2793
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Nikozuru

Askep demam typoid Makalah Typoid makalah Typoid fever. Demam Typoid LP asep description. Laporan Pendahuluan Demam Typoid tifus. Askep Isk Askep IskDeskripsi lengkap. Kasus Askep asuhan xskep. Askep – Dehidrasi Full description. Penyakit ini bisa typpid siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua, laki-laki maupun wanita.

Penyakit demam tifoid ini mendunia, artinya terdapat di seluruh dunia. Tetapi lebih banyak di negara sedang berekembang di daerash tropis, seperti Indones Indonesia. Penyak Penyakit it tifus tifus merupa merupakan kan endemik endemik di Indones Indonesia. Penyak Penyakit it ini termasuk termasuk penyakit penyakit menular, yang mudah menyerang menyerang banyak banyak orang, sehingga dapat menimbulkan wabah. Insiden tertinggi tertinggi didapatkan didapatkan pada anak-an anak-anak. Orang Orang dewasa dewasa sering sering mengal mengalami ami infeks infeksii ringan ringan dan sembuh sembuh sendiri lalu menjadi kebal.

Terjadinya penyakit yang merupakan penyakit ini tidak memandang musim musim, baik baik musim musim kemara kemarau u maupun maupun penghuj penghujan. Penula Penularan ran penyak penyakit it ini mela melalu luii maka makanan nan yang yang terc tercem emar ar. Kada Kadang ng keber kebersi sihan han makan makanan an kura kurang ng terjamin. Oleh karena itu kita harus memperhatikan kualitas makanan. Mahasiswa Mahasiswa belum memahami memahami pemeriksaan pemeriksaan diagnostik diagnostik dan penunja penunjang ng g.

Mahasi Mahasiswa swa belum belum memahami memahami penat penatala alaksa ksanaan naan medis medis h. Mahas hasiswa bel belum memahami pen pengkajian data ata dasar asuhan keperawatan i. Tuj Tujuan uan khus khusus us a. Mamp Mampu u mere merenc ncan anak akan an tind tindak akan an kepe kepera rawa wata tan n berd berdas asar arka kan n diag diagno nosa sa keperawatan yang telah dirumuskan dirumuskan dan menetapkan tujuan serta serta kriterian hasil yang akan di capai.

Mamp Mampu u mel melak aksa sana naka kan n tin tinda daka kan n kep keper eraw awat atan an sesu sesuai ai deng dengan an yang yang tela telah h direncanakan dan memberikan alternatif pemecahan masalah bagi asmep d. Mamp Mampu u meng mengev eval alua tyopid si hasi hasill yang yang tela telah h dicap dicapai ai berd berdas asar arkan kan tuja tujaun un dan dan krit kriter eria ia yang telah ditetapkan.

Paratifoid biasanya lebih ringan dan menunjukan gambaran klinis yang sama, atau menyebabkan enteritis akut. Soeparman,Edisi II, Ilmu Penyakit Dalam, Jakarta, FKUI Tifoid Tifoid merupakan merupakan penyakit infeksi yang terjadi terjadi pada usus halus yang disebab disebabkan kan oleh oleh salmon salmonell ellaa thypii thypii, penyaki penyakitt ini dapat dapat ditula ditularka rkan n melalu melaluii makan, makan, mulut mulut atau atau minuma minuman n yang yang terkont terkontami aminasi nasi oleh oleh kuman kuman salmon salmonell ellaa thypii.

A,Edisi I, Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Jakarta, Salemba Medika Demam tifoid, enteric fever ialah penyakit infeksi akut yang biasanya tpyoid mengenaii salura saluran n pencer pencernaa naan n dengan dengan gejala gejala demam demam yang yang lebih lebih dari dari satu satu minggu, minggu, gangguan pada pencernaan, pencernaan, dan gangguan gangguan kesadaran kesadaran Ngastiya Ngastiyah, h,Edisi II, Perawatan Anak Sakit, Jakarta, EGC 2.

Esofagus Esofagus terletak terletak di mediastinum mediastinum rongga torakal, torakal, anterior anterior terhadap terhadap tula tulang ng pungg punggun ung g dan poste posteri rior or terh terhad adap ap trak trakea ea dan dan jant jantun ung. Panj Panjan ang g esophagus kira-kira 25 cm menjadi distensi bila makana n mlewatinya.

Lambung ditempatkan dibagian atas abdomen sebelah kiri dari garis tengah tubuh, tepat dibawah diafragma kiri. Lambung adalah suatu kantung yang dapat berdistens berdistensii dengankapasit dengankapasitas as kira-kira kira-kira ml.

Usus halus adalah segmen paling panjang dari saluran gastrointestinal yang jumlah panjangnya kira-kira dua per tiga dari panjang total saluran. Bagian ini membalik dan melipat diri yang memungkinkan kira-kira cm area permukaan untuk sekresi dan absorpsi.

  ELECTROACOUSTICS MENDEL KLEINER PDF

Duodenum bagian atas 2. Jejunum bagian tengah 3. Ileum bagian bawah Pertemuan antara usus halus dan besar terletak dibagian bawah kanan duodenum. Pada Pada tempat tempat ini terdap terdapat at apendi apendiks ks veriformis. Usus Usus besar besar terdir terdirii dari dari segmen segmen asende asenden n pada sisi sisi kanan kanan abdomen abdomen, segmen transversum yang memanjang dari abdomen atas kanan ke kiri, dan segmen desenden pada sisi kiri abdomen.

Bagian ujung dari usus besar terdiri dari dua bagian: Rectum berlanjut pada anus.

Askep Nanda,Noc,Nic Thypoid – PDF Free Download

Gejala-gejala yang timbul amat bervariasi, perbedaan ini tidak saja antara berbagai bagian dunia, tetapi juga di daerah yang sama dari waktu ke waktu. Selain itu, gambaran penyakit bervariasi dari penyakit ringan yang tidak terdiagnosa, sampai gambaran gambaran penyakit penyakit yang khas dengan komplikasi komplikasi dan kematian. Hal ini menyebabkan menyebabkan bahwa seorang ahli yang sudah sangat berpengalaman berpengalaman pun dapat mengalami typoud untuk membuat diagnosa klinis tifoid.

Demam, Demam, pada kasus yang yang khas demam demam berlansung berlansung 3 minggu, minggu, bersifat bersifat febris remiten dan suhu tidak tinggi tinggi sekali. Selama Selama minggu pertama, suhu tubuh berangsur-angsur naik tiap hari, biasanya menurun pada pagi hari dan meningkat pada sore dan malam hari. Gangguan Gangguan pada saluran saluran pencernaan, pencernaan, pada mulut mulut terdapat terdapat panas berbau berbau tidak tidak sedap, sedap, bibir bibir kering kering dan pecah-pe pecah-pecah cah ragade ragaden.

Lidah Lidah tertut tertutup up selaput putih kotor coated tongueujung dan tepinya kemerahan, jarang disertai disertai tremor. Pada abdomen dapat ditemukan keadaan perut kembung meteorismus. Hati dan limpa membesar disertai nyeri pada perabaan. Bias Biasan anya ya seri sering ng terj terjad adii kons konsti tipa pasi si teta tetapi pi juga juga dapa dapatt diar diaree atau atau norm normal al.

Peme Pemerik riksaa saan n leukos leukosit it Walaupun Walaupun menurut menurut buku-buku buku-buku disebutkan disebutkan bahwa tifoid tifoid terdapat terdapat leucopenia leucopenia dan limposito limpositosis sis relative, relative, tetapi tetapi kenyataan kenyataan leukopeni leukopeni tidaklah tidaklah sering sering dijump dijumpai. Pada Pada kebany kebanyaka akan n kasus kasus asoep tifoid, d, jumlah jumlah leukos leukosit it pada sedian sedian darah darah tepi tepi berada berada dalam dalam batasbatas-bat batas as normal normal, malahan malahan kadangkadangkadang terdapat leukositosis, walaupun tidak ada komplikasi atau infeksi sekund sekunder.

Oleh Oleh karena karena itu pemeri pemeriksa ksaan an jumlah jumlah leukos leukosit it tidak tidak berguna berguna untuk diagnosis tifoid. Biak Biakan an dar darah ah Biakan Biakan darah darah positi positiff memast memastika ikan n tifoi tifoid, d, tetapi tetapi biakan biakan Negara Negara negati negative ve tidak tidak menyi menyingki ngkirka rkan n tifoid tifoid.

Tehnik pem pemeriksaan laboratorium. Hasil peme emeriksaan satu labo labora rato tori rium um berb berbed edaa deng dengan an yang yang lain lain, mala malaha han n hasi hasill satu satu laboratorium bisa berbeda dari waktu kewaktu.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan teknik dan media biakan yang digunakan. Selain itu darah tersebut harus lansung ditanam pada media biakan sewaktu berada di sisi penderita asskep lansung dikirim ke laboratorium. Waktu Waktu pengambilan pengambilan darah paling baik adalah saat demam tinggi asep waktu bakterimia berlansung.

Askep Nanda,Noc,Nic Thypoid

Saat pemeriksaan sela elama per perjalanan pen penyakit. Pada waktu kambuh biakan darah bisa positif lagi. Vaksinasi di di ma masa la lampau. Vaksin Vaksinasi asi terhada terhadap p tifoid tifoid di masa masa lampau lampau menim menimbul bulkan kan antibo antibody dy dalam dalam darah darah pender penderita ita. Antibo Antibody dy ini dapat dapat meneka menekan n bakteri bakterimia mia, sehingga biakan darah mungkin negativ.

Pengob gobatan dengan ob obat anti ntimikroba.

ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN TERMOREGULASI: PENINGKATAN SUHU TUBUH PADA PASIEN DEMAM THYPOID

Bila Bila pend pender erit itaa sebel sebelum um pembi pembiak akan an darah darah suda sudah h mend mendap apat at obat obat antimikroba pertumbuhan kuman dalam media biakan terhambat dan hasil biakan mungkib negative. Reak Reaksi si Wid Widal al Reaksi widal adalah suatu reaksi aglutinasi antara antigen dan antibody agglutinin yang spesifik terhadap salmonella terhadap dalam serum penderita tifoid, juga pada orang yang pernah ketularan salmonella dan pada oraang yang pernah di vaksinasi terhadap tifoid.

  CPNS DEPDIKNAS 2009 PDF

Antig Antigen en yang yang digu digunak nakan an pada pada reak reaksi si wida widall adal adalah ah susp suspen ensi si salmonella yang sudah dimatikan dan diolah di laboratorium. Akiba Akibatt infe infeks ksii oleh oleh S. Agglut Agglutini inin n O, yang yang dibuat karena karena ransang ransangan an antigen antigen O beras berasal al dari tubuh kuman. Aggl Agglut utin inin in H, kare karena na rans ransan anga gan n anti antige gen n H ber beras asal al dari dari flag flagel ella la kuman. Isolasi Isolasi pasien, pasien, desinf desinfeksi eksi pakaian pakaian dan dan eksret eksreta.

Perawat Perawatan an yang yang baik baik untuk untuk menghindar menghindarii kompli komplikas kasi, i, menginga mengingatt sakit sakit yang lama, lemah, anoreksia, dan lain-lain. Susu dua gelas sehari. Bila kesadar kesadaran an pasien pasien menuru menurun n di berika berikan n makan makan cair, cair, melalui melalui sonde sonde lamb lambun ung. Jika Jika kesa kesada dara ran n dan nafs nafsu u maka makan n anak anak baik baik dapat dapat juga juga diberikan makanan lunak.

Pemberian klorampenikol dengan dosis tinggi tersebut mempersingkat wakt waktu u pera perawat watan an dan dan menc menceg egah ah rela relaps ps. Efek Efek negat negatif ifny nyaa adal adalah ah mungki mungkin n pemben pembentuk tukan an zat anti anti kurang kurang karena karena basil basil terlal terlalu u cepat cepat dimusnakan.

Bila terdapa terdapatt komplikasi komplikasi, terapi terapi disesuaikan disesuaikan dengan dengan penyakit penyakitnya. Bila Bila terjadi terjadi dehidrasi dan asidisis asidisis diberikan cairan secara aksep intravena dan sebagainya. Risi Risiko ko terj terjadi adi komp kompli likas kasii ced ceder era a d. Mulut Mulut yang yang bersih bersih mening meningkat katkan askpe nafsu makan. Bantu pasien jika tidak mampu. Saji Sajika kan n maka makana nan n yang yang muda mudah h dice dicern rna, a, Meni Mening ngka katk tkan an sele selera ra maka makan n dan dan dalam keadaan hangat, tertutup, dan berikan intake makan.

Selingi makan dengan minum. Hindari Hindari makanan makanan yang banyak mengandung mengandung Mengurangi rasa nyaman. Hipertermia Terjad Terjadiny inyaa Hipert Hiperterm ermia ia ini dapat dapat diseba disebabkan bkan oleh oleh adanya adanya reaksi reaksi kuman salmonella salmonella typhosa typhosa yang masuk kedalam kedalam tubuh. Untuk mengatasiny mengatasinyaa adalah adalah dengan dengan tujuan tujuan memper mempertah tahanka ankan n kondisi kondisi suhu suhu tubuh tubuh dalam dalam batas batas normal dengan cara menurunkannya.

Lakukan tindakan yang dapat menurunkan Kompres suhu suhu tubu tubuh h sepe sepert rtii laku lakuka kan n hangat dapat terjadi komp kompre ress vasodilata vasodilatasi si pembuluh pembuluh darah sehingga sehingga hangat, berikan pakaian tipis dan mudah memudahkan suhu tubuh keluar.

Berikan ventilasi yang adekuat.

Membant Membantu u dalam dalam menuru menurunkan nkan suhu suhu tubuh. Risiko terjadi komplikasi cedera Risiko terjadi cedera dalam hal ini adalah adanya komplikasi lebih lanjut lanjut dari dari tifoid tifoid typiid sepert sepertii adanya adanya perdar perdarahan ahan, perfor perforasi asi, tukak tukak daerah daerah mukosa yang dapat mengganggu system dalam tubuh oleh karena kemampuan kuman dalam merusak system serta adanya penurunan daya tahan tubuh. Tujuan Tujuan dari dari rencana rencana keperaw keperawata atan n adalah adalah mencega mencegah h terjad terjadiny inyaa kompli komplikas kasii lebih lanjut.

Monitor adanya tanda komplikasi Dapat menentukan tindakan selanjutnya Cek vital sign setiap empat jam.

Gangguan eliminasi BAB Gangguan eliminasi BAB ini disebabkan oleh intake dan output yang tidak seimbang, kurangnya makan makanan yang berserat yang dapat menyebabkan perubahan struktur feases menjadi keras. Askes Keluhan utama Riwayat penyakit saat ini: Demam selama 6 hari: Review of System System Keadaan Umum: